Program Makanan Sekolah di Jepang (日本の学校給食プログラム)

PR


今回は日本の学校給食についてインドネシア語で書いてみました。日本語訳は後半にあります。

関連:Apa yang harus dimakan bagi umat Islam dari Indonesia di Jepang?
関連:作文練習に関する過去記事


Program Makanan Sekolah di Jepang

 Bagaimana siswa-siswi SD atau SMP di Indonesia makan siang? Mereka makan apa dan makan di mana? Mungkin, sebagian besar mereka akan membeli makanan seperti nasi goreng, mie goreng, soto, gorengan, dan lain- lain dari warung sekitar sekolah. Selain itu, beberapa siswa membawa makanan dari rumah?

 Sementara itu, bagaimana siswa-siswa SD dan SMP di Jepang? Biasanya makan siang yang disediakan oleh pemerintah bagi siswa di sekolah adalah makan bersama di ruang kelas. Saya juga pernah makan bersama di sekolah saat siswa SD dan SMP. Kenangan makan di sekolah bersama teman salah satu kenangan sekolah saya. Tren, kandungan nutrisi, dan keekonomian telah membentuk program makanan sekolah di berbagai tempat pada waktu tertentu.

 Program makanan sekolah tidak hanya untuk menghilangkan lapar. Jika program makanan sekolah dilakukan dengan pantas, manfaatnya pasti menjadi besar. Akhir-akhir ini, masalah kesehatan menjadi salah satu masalah yang penting di seluruh dunia. Program makanan sekolah akan digunakan sebagai salah satu jawaban untuk mencegah penyakit. Saya akan menjelaskan tentang program makanan sekolah di Jepang.


<Sistem dan sejarah makanan sekolah di Jepang>
 Di Jepang, makanan sekolah diperkenalkan di suatu sekolah di prefektur Yamagata pada tahun 1889, dan menyebar ke berbagai sekolah di seluruh Jepang. Makanan sekolah Jepang dihentikan selama Perang Dunia Kedua, namun setelah perang itu, makanan sekolah tersebut dilanjutkan dengan bantuan makanan dari luar negeri terutama dari Amerika Serikat. Kemudian, peraturan makan siang sekolah diundangkan, dan makanan sekolah diamanatkan di sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama di seluruh Jepang.

 Meski biaya makan siang sekolah dibiayai oleh orang tua siswa, tetapi harganya  sangat murah daripada makanan yang dibeli cara kasus normal karena makanan sekolah diproduksi massal. Biaya makanan sekolah yang dibiayai oleh para orang tua adalah hanya sekitar 200 yen sampai 300 yen per porsi. Harga itu adalah hanya biaya bahan makanan, dan biaya peralatan dan biaya tenaga kerja adalah beban umum. Jadi, para siswa bisa dapat makanan yang kualitas tinggi daripada harganya.


<Perubahan menu makanan sekolah di Jepang>
 Makan siang sekolah sesaat setelah Perang Dunia Kedua hanya susu skim dan roti saja dan rasanya tidak enak. Sementara itu, dikatakan bahwa isi menu makanan sekolah saat ini sudah cukup besar dan rasanya semakin baik. Selanjutnya, tampaknya perasaan musiman terasa di menu seperti kacang yang keluar di hari Setsubun dan kue Natal saat hari Natal. Di samping itu, tergantung daerahnya, kadang-kadang menu spesial akan dikeluarkan dengan memasukkan bahan-bahan lokal dan produk spesial sperti kue apel di prefektur Aomori, jeruk mandarin di prefektur Wakayama dan Takoyaki di prefektur Osaka. Juga, baru-baru ini, ada banyak sekolah yang makanan sekolah diberikan dengan mempertimbangkan alergi dan agama, sperti makanan yang tanpa telur untuk alergi telur atau makanan yang tanpa daging babi untuk muslim.


<Pengaruh bagus yang program makanan sekolah>
Program makan siang sekolah dikatakan tidak hanya makan siang untuk menghilangkan rasa lapar para siswa, tapi juga ada 4 efek besar.


1. Pengaruh program makan siang sekolah terhadap kemampuan akademik siswa
 Siswa-siswi dapat berkonsentrasi pada pelajaran secara teratur kalau mereka mengonsumsi makanan sehat dan cukup banyak nutrisi seimbang di sekolah. Akibatnya, kemampuan akademik siswa bisa dinaikkan. Selain itu, pelaksanaan makanan sekolah juga memotivasi para siswa untuk bersekolah.

    Bahkan, para peneliti dari Universitas Tokyo melakukan percobaan untuk menyediakan makanan sekolah selama sebulan di sebuah sekolah dasar negeri di Jawa Barat, Indonesia tanpa adanya program makan siang di sekolah. Akibatnya, pengetahuan dan sikap belajar siswa meningkat setelah melakukan program makan siang. Mengenai asupan nutrisi, asupan protein, kalsium, vitamin C meningkat. Mengenai status gizi, efek mengurangi tingkat anemia hingga setengahnya dan peningkatan BMI didapat dan lain- lain.


2. Pengaruh program makan siang sekolah terhadap kesehatan
 Di sekolah Jepang baru-baru ini, kadang-kadang juru masak yang menyiapkan makan siang sekolah berpartisipasi dalam kelas sebagai guru spesial dan memberikan panduan tentang keseimbangan gizi dan kebiasaan makan makanan yang sehat kepada siswa-siswi. Melalui kuliah itu, para siswa bisa memperoleh pengetahuan tentang diet sehat dan memperbaiki kebiasaan makan mereka.


3. Pengaruh program makan siang sekolah terhadap pendidikan lokal
 Pada makanan sekolah baru-baru ini, bahan makanan lokal dan produk spesial semakin banyak digunakan sebagai menu makan sekolah. Misalnya, nasi dan sayuran sering dibeli dari daerah tetangga. Selain itu, misalnya di prefektur Mie produk spesial udang Ise bisa menjadi menu makan siang sekolah. Saat makanan lokal keluar, penjelasan tentang budaya makanan di daerah tersebut sering dilakukan pada saat bersamaan. Dengan cara ini melalui makanan sekolah yang digunakan makanan lokal, siswa-siswi memperdalam pemahaman mereka tentang daerah di mana mereka tinggal, itu akan dapat mendorong  mereka mencintai dan menmahami daeranya.


4. Pengaruh program makan siang sekolah terhadap tingkat swasembada pangan
 Umumnya, di Jepang, bahan makanan sekolah diharuskan menggunakan produk domestik segar dan berkualitas tinggi dengan pertimbangan keamanan. Oleh karena itu, kita sering menggunakan bahan makanan dari daerah dekat sekolah untuk makanan sekolah. Dengan cara ini, makanan untuk makan siang sekolah bukan produk impor, tetapi produk dalam negeri banyak digunakan. Pemanfaatan produk lokal melalui makanan sekolah membantu petani Jepang dan berkontribusi terhadap peningkatan swasembada pangan di Jepang.

Dengan demikian, program makan siang sekolah mudah dan tidak hanya menghilangkan rasa lapar siswa-siswi, tetapi memiliki efek yang tinggi terhadap berbagai masalah sosial. Masalah kesehatan dan pendidikan seperti obesitas dan ketidakhadiran anak-anak dan rendahnya kemampuan akademik merupakan salah satu masalah sosial Indonesia saat ini. Masalah itu akan menjadi kendala utama bagi perkembangan masa depan Indonesia. Pengenalan makanan sekolah bergizi seimbang dapat diharapkan sebagai salah satu solusi terbaik dan hemat biaya.  Sebenarnya, efeknya telah terbukti dalam eksperimen tersebut. Kebijakan jaminan sosial dan kebijakan pendidikan sosial saat ini sedang diperluas di Indonesia. Sebagai salah satu metode, mencoba menggabungkan sistem makanan sekolah di sekolah-sekolah di seluruh negeri tampaknya sangat berpengaruh pada penyelesaian berbagai masalah sosial di Indonesia.

Terkait: Croquette Badai
Terkait: Perang Jamur dan Rebung


<概要>
今回は日本の学校給食がテーマです。まず日本の学校給食の制度と歴史とメニューの変遷について説明しています。次に、学校給食は単に空腹を満たすだけの食事ではなく、それ以外にも4つの良い効果があることを説明しています。

1.学校給食が学力向上に与える影響
2.学校給食が健康に与える影響
3.学校給食が郷土教育に与える影響
4.学校給食が食料自給率の向上に与える影響

最後に提言として、インドネシアの社会問題を改善するための学校給食プログラムの有用性を主張しています。

<内容>
インドネシアの小中学生は昼食をどこで何を食べているのだろうか?大抵は、学校の外の屋台でナシゴレンやミーゴレン、ソトーやゴレンガンなどを買って食べているだろう。一方で日本の大部分の小中学生では学校給食制度に基づいて、同じ給食を教室で皆で食べる。メニューは毎日異なり、季節に合わせたメニューが提供されることもある。学校給食の利点として、健康的な食事を比較的安価に食べることができる。また、食事を通して日本の食文化や礼儀作法を学ぶことができる。日本の学校給食制度は戦後に本格的に施行され、それが現在まで続いている。

インドネシアでは現在、欠食児童や肥満が問題になっている。学校給食制度は単なる食事ではなく、健康や栄養を考える上でも重要と言える。日本の学校給食制度はこうしたインドネシアの問題を改善する上でなんらかのヒントになるかもしれない。

・日本の学校給食の制度と歴史
日本では1889年(明治22年)に山形県の学校で学校給食が導入されて各地に普及したが、戦争の影響で中断し、1947年(昭和22年)1月に再開された
日本の学校給食は第二次世界大戦後から国連軍の食料援助プログラムの一つとして本格的に開始された。当時は昼ごはんとして牛乳とパンが配給された

・現在の変化とメニュー
現在では日本の学校給食は公立小学校・中学校で行われ、メニューの内容も充実している。また節分に豆が出たり、クリスマスにケーキが出るなど季節感が感じられる内容になっている。そして、地方によっては特産品を取り入れたオリジナルメニューも出される。また、最近はアレルギーや宗教に配慮した学校給食が出される学校も増えている。

・学校給食の効果
学校給食は、ただ空腹を満たすだけの食事だけでなく、4つの大きな効果があると言われている。

1.健康で十分な量の食事が取れることで勉強に集中でき、その結果学力が上がる。
実際に東京大学の実験でインドネシアの一部地域で給食制度を試験的に実施したところ、健康状態が改善され、さらに学力も上がった。

2.栄養教育のきっかけとなり、将来的に健康的な食生活を目指せる。
最近の日本の学校では、時々、学校給食を作る調理師が講師として授業に参加し、栄養バランスや健康的な食生活についての指導を行うところも多い。そのため生徒は健康的な食事についての知識を得ることができる。

3.郷土教育となり、地元に愛着を持てる
最近の学校給食では地方の特産物が給食のメニューとして使われることが増えてきた。そして地元の食べ物が出る際には地域の説明も同時に行われることが多い。このように地元の食べ物を学校給食に使っていることを知ることで、生徒は自分の住む地域に対する理解を深め、愛着を持つことができるようになる。

4.地産地消を行うことで、国産農業を応援し食料自給率の向上に貢献できる。
一般的に日本では学校給食の材料は安全性を配慮して高品質な国産品が使うことが求められている。また特に、新鮮な食材を使うために近くの地域の食材を使うことも多い。このように学校給食の食材を海外輸入ではなく地産地消によって確保することで、日本の農家を応援し、日本の食料自給率の向上に貢献している。

このように学校給食は手軽で高い効果がある。現在、インドネシアでは肥満や欠食児童といった健康や教育に関する問題が社会問題の一つとなっている。これらの問題の解決策として学校給食の導入はコストパフォーマンスのよい解決策として期待できる。現在のインドネシアでは社会福祉政策や教育政策が拡充されているが、その方法の1つとして国家的な学校給食制度を取り入れてみるのも大きな効果があると思われる。

<トップページに戻る>

東南アジア  ベトナム タイ フィリピン インドネシア ほか (しらべよう!世界の料理)
こどもくらぶ
ポプラ社
売り上げランキング: 1,254,187

0 件のコメント:

コメントを投稿

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...