Apa yang harus dimakan bagi umat Islam dari Indonesia di Jepang?(日本でムスリムは何を食べるべきか?)

PR


今回はインドネシア語の作文練習として、日本でムスリムが豚肉料理を回避する方法について書いてみました。日本語の概要も後半に書いています。

関連:Setan Putih di Jepang(日本の白い悪魔)
関連:作文練習に関する過去記事


Apa yang harus dimakan bagi umat Islam dari Indonesia di Jepang?


Akhir- akhir ini, banyak orang Indonesia datang ke Jepang untuk bisnis, pariwisata dan belajar di luar negeri. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah orang Indonesia yang pergi ke Jepang semakin banyak. Statistik dari Otoritas Pariwisata Pemerintah Jepang, kira-kira 271 ribu orang Indonesia datang ke Jepang tahun 2016. Tentu saja orang Indonesia sudah datang ke Universitas Osaka juga. Menurut Universitas Osaka, kira-kira 100 orang mahasiswa sedang belajar di universitas ini tahun 2016.


Pada awal dimulai kehidupan di Jepang, orang asing pasti merasa bingung kerena banyak perbedaan kebudayaan mereka seperti bahasa, iklim, makanan dan lain-lain. Terutama, mayoritas orang Indonsia pasti akan kebingungan tentang makanan di Jepang. Mayoritas orang Indonesia adalah muslim yaitu tidak bisa makan daging babi. Tetapi, di Jepang, ada juga kebudayaan makanan yang makan daging babi.


Berbeda dengan Indonesia, dalam beberapa jenis makanan Jepang dipakai daging babi seperti Ton-katsu(Babi goreng), Buta no Kakuni(Dagin babi rebus), Goya-campur. Makanan yang begitu langsung dimasak daging Babi, tetapi, beberapa makanan dari daging babi tidak tampak daging babinya. Misalnya, makanan kue dari perusahaan kue Kameda Seika di dalamnya dipakai bahan berasal dari daging babi pada produknya. Pada tahun 2000, perusahaan Ajinimoto dipermasalahkan karena produk yang dibuat dari katalisator daging babi.


Selajutnya, mayoritas tampak makanan dijual di Jepang dikatakan dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang dipakai huruf Kanji dan Hiragana sehingga banyak orang asing sperti orang Indonesia sulit mengerti bahwa makanan yang akan dibeli ada daging babi atau tidak. Jadi ada beberapa kemungkinan daging babi termakan oleh mereka. Makanan Jepang tidak hanya Sushi dan Takoyaki! Orang yang datang ke Jepang harus mengetahui kebudayaan makanan yang luas.


Jadi, apa yang harus dimakan umat Islam dari Indonesia di Jepang? Bagaimana orang Indonesia membedakan makanan babi dan makanan lain? Bagaimana mereka harus berkomunikasi untuk makan makanan yang tidak digunakan daging babi? Kemudian saya akan menjelaskan kebudayaan makanan yang mengandung daging babi di Jepang, cara membedakan makanan yang berisi daging babi dan makanan lain, dan cara berkomunikasi untuk makan yang tidak menggunakan daging babi.


<Kata-kata yang terkait babi dalam bahasa Jepang>

Kata nama babi: ぶた ブタ 豚 黒豚 ポーク
Contoh kata makanan dari daging babi: ハム ソーセージ 焼き豚 豚生姜焼き 豚丼 しゃぶしゃぶ ゴーヤチャンプルー 豚の角煮 トンカツ ハムカツ 豚まん 豚骨ラーメン 豚汁 東坡肉 ポークソテー 
Contoh kata bagian daging babi: ラード 豚背脂 豚トロ 豚ロース 豚バラ 豚ロース 豚もも  豚ヒレ 豚軟骨 豚ミンチ 豚肉エキス 豚骨 豚足 ミミガー(豚耳) ポークチョップ
Contoh kata terkait babi: 豚肉由来の成分・タンパク質・エキス・酵素・ゼラチン

Ini contoh kata-kata terkait babi. Kita bisa membedakan makanan dari daging babi sendiri. Jika sebelum pesan atau membeli makanan, anda memperlihatkan daftar ini dan mengajukan pertanyaan kepada pramuniaga.


< Contoh expresi untuk memdapat daging yang halal>

私はイスラム教徒なので豚肉は食べられません。
→Saya seorang Muslim jadi saya tidak bisa makan daging babi.
豚肉が使われていない料理を食べたいです。
→Saya mau makan makanan yang di dalamnya tidak digunakan daging babi.
この商品には豚肉や豚肉由来の成分は使われていますか?
→Dalam produk ini dipakai daging babi atau ramuannya berasal dari daging babi?

Kalau anda tidak bisa berbicara bahasa Jepang, hanya memperlihatkan dafter ini dan bisa makan makanan yang aman.

Akhir-akhir ini kita bisa mencari restoran yang bisa makan makanan halal dan internet. Tetapi, tidak semua toko mendaftar informasinya di Jepang. Biasanya, orang Jepang tidak tahu tentang agama Islam dan makanan yang halal. Memang kita boleh pergi dan makan di toko yang didaftar saja, itu tidak cukup untuk mengerti kebudayaan makanan Jepang. Kalau belajar tentang makanan Jepang sebelum pergi ke Jepang, pengalaman di Jepang pasti menjadi lebih nikmat dan aman.


<概要>
日本に来るインドネシア人の大半はムスリム(イスラム教徒)ですが、一方で、日本ではムスリムが食べられない豚肉が食材として使われることも一般的です。ただ、明らかにハラルフードとわかるものだけを探して食べようとすると大幅に食の自由が制限されます。そのため、日本にいる時に自力で豚肉製品を回避しつつ、いろいろな食事を楽しむ方法や便利な表現をまとめてみました。


関連:Croquette Badai(台風コロッケ)
関連:Ayo Kita Pergi ke Wakayama (和歌山に行こう!)



<トップページに戻る>

0 件のコメント:

コメントを投稿

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...