2018年9月11日火曜日

Kebudayaan Batik di Indonesia dan Jepang(インドネシアと日本の染め物文化)

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今回はインドネシアと日本の染め物文化についてインドネシア語で書いてみました。日本語訳は文章後半に書いています。

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Kebudayaan Batik di Indonesia dan Jepang

Saat ini, batik dikenal sebagai budaya pakaian tradisional di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Batik adalah kain bergambar yang teknik pembuatannya tradisional yang dicelup dan produk kain batik digunakan sebagai bahan untuk pakaian aksesoris dan lain-lain.

Di Indonesia, kemeja kain Batik adalah pakaian formal dan dipakai pertemuan penting seperti upacara pernikahan atau konferensi. Orang Indonesia juga sering memakai batik bukan hanya hari penting. Setiap hari Jumat dianggap sebagai Hari Batik, dan banyak orang Indonesia mengenakan batik.

バティックと日本 - 阪急百貨店

Kini, batik dikenal sebagai salah satu kebudayaan terkenal di dunia, dan juga menjadi terkenal di Jepang. Beberapa hari yang lalu, di toserba pusat Hankyu Umeda, Osaka Umeda Jepang, pameran dan penjualan batik diadakan berjudul "Batik dan Jepang" untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia.

Di pameran tersebut, pameran batik dinasti tradisional yang digunakan di keluarga kerajaan Jawa dipamerkan. Di sisi lain, kimono yang menggunakan teknik batik oleh para seniman Jepang juga dipamerkan. Penampilan kimononya adalah kimono gaya Jepang, tetapi motif halus adalah desain gaya batik yang Indonesia.


Di Jepang, telah ada kebudayaan teknik batik dicelup seperti pewarna Yuzen sejak zaman kuno, jadi hubungan di antara pakaian Jepang dan batik Indonesianya cocok. Percobaan eksperimental semacam itu akan semakin memperdalam kebudayaan batik di Indonesia.


Selain itu, baru-baru ini, oleh karena pengaruh kebudayaan anime dan manga Jepang di Indonesia, "batik anime" mulai muncul. Batik anime adalah batik yang menggunakan anime Jepang sebagai motif batik.

Misalnya, salah satu batik anime berdasarkan lambang Survey Corps dari animesi Jepang "Attack on Titan", desainnya yang dapat merasakan atmosfer animasi ini, sementara itu tampaknya seperti batik di Indonesia. Batik anime juga dapat sukses fusion dua budaya, Indonesia dan Jepang.


Selain itu, seniman kontemporer di seluruh dunia sedang membuat karya batik baru yang menggabungkan teknik batik dengan seni modern. Mereka membuat banyak macam motif yang baru degan cara teknik batik.

Sayangnya, situasi seputar budaya batik tradisional di Indonesia saat ini menjadi tidak baik. Batik cetak buatan China yang mudah dan murah mengungguli batik tradisional Indonesia yang membutuhkan waktu.


Selanjutnya, oleh karena generalisasi kedatangan kebudayaan Barat dengan internasionalisasi dan modernisasi terjadi di Indonesia, beberapa banyak pemuda Indonesia mulai merasa bahwa batik sebagai kebudayaan yang kolot, dan menjadi tidak ingin memakai batik.

Untuk mencegah kemerosotan budaya batik Indonesia dari tren saat ini tersebut, kita harus melindungi budaya batik tradisional Indonesia dan pengembangan budaya batik baru menyatu dengan budaya dan seni modern dari negara-negara lain juga penting. Kita perlu menerima fusi dan perubahan budaya baru seperti eksperimen dengan tenggang rasa.


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日本語訳:インドネシアと日本の染め物文化

現在、バティックはインドネシアやマレーシアやシンガポールの伝統的な服飾文化として知られている。バティックとは伝統的なろうけつ染めの技法で、衣服やアクセサリーの材料として使われてきた。

インドネシアではこのバティク布地のシャツが正装とされており、結婚式やオフィスの重要な会議などでも、スーツではなくバティックを着用することが多い。バティックは特別な日だけに着るものではない。インドネシアでは毎週金曜日はバティックデーとされており、多くのインドネシア人がバティックを着ている。

今やバティックは世界的に有名な文化の一つとして知られており、それは日本でも有名になりつつある。先日、大阪梅田の阪急うめだ本店で、日本とインドネシアの国交樹立60周年を記念した「バティックと日本」と題したバティックの展示販売会が行われた。

その展示会では、ジャワの王室で使用されている伝統的な王朝バティックの作品の展示が行われていた。また、その一方で、日本の作家によるバティックの技法を使った着物も展示されていた。その着物の見た目は和風の着物であったが、細かいモチーフはインドネシア風のデザインであった。

日本では古来より友禅染めといったろうけつ染めの文化があり、日本の着物とインドネシアのバティックは相性がいい。このような実験的な試みは、インドネシアのバティック文化にさらに深みをもたせるだろう。

また、最近では、インドネシアでの日本のアニメ・マンガブームの影響で、バティック・アニメというものも登場した。バティック・アニメは、日本のアニメをバティックのモチーフとして使うものである。

例えば、アニメ「進撃の巨人」の調査兵団の紋章をモチーフにしたバティックは、このアニメの雰囲気を感じさせるデザインである一方、インドネシアの伝統的なバティックのようにも見え、文化の融合の成功を感じさせる。この他にも、世界中の現代アート作家が、バティック技法とモダンアートを融合させた新しいバティック作品を作っている。

残念ながら、現在のインドネシアの伝統的なバティック文化を取り巻く現状は不利になりつつある。簡単で安価な中国製のプリントバティックは、時間をかけて行われる伝統的な手作りのバティックを駆逐している。

また、国際化と近代化によって欧米文化がインドネシアでも流行したことで、伝統的なバティックを古臭いものとして扱い、バティックを着なくなる若者もインドネシアでは増えてきた。

このような時代の流れから、インドネシアのバティック文化の衰退を防ぐためには、伝統的なインドネシアのバティック文化の保護と同時に、他国の文化やモダンアートと融合した新しいバティック文化の育成も大事である。そして、私たちはこのような実験的な新しい文化の融合を寛容な心で受け入れる必要がある。



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