2018年9月8日土曜日

Perubahan Situasi Agama Islam di Indonesia(インドネシアのイスラーム教の状況の変化)

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今回はインドネシアのイスラーム教の状況の変化についてインドネシア語で書いてみました。日本語訳は後半にあります。

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Perubahan Situasi Agama Islam di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara Islam terbesar di dunia, dan mayoritas masyarakat Indonesia mempercayai agama islam. Di sisi lain, situasi agama itu sedang berubah di masa lalu dan sekarang. Pada hari-hari ketika film "AADC" populer pada tahun 2000-an dan sekarang, ada beberapa perbedaan dalam gaya hidup dalam aspek agama islam.


Misalnya, salah satunya mode wanita. Dulu mayoritas wanita yang beragama Islam di Indonesia mengenakan pakaian gaya barat yang terpapar tinggi biasanya, dan sedikit para wanita memakai hijab terbiasa, tetapi sekarang mayoritas wanita Muslim berpakai hijab kapan saja di mana saja. Kesuksesan desainer yang menciptakan hijab fashion telah berdampak besar pada pecahnya busana muslim.


Juga, perubahan dalam mode juga mempengaruhi area hobi seperti cosplay. Cosplay adalah gaun dan gaya rambut karakter anime dan manga, dan dengan memainkan karakter itu, dan cosplay karya animasi Jepang popular di Indonesia. Sementara itu, sebagian besar karakter yang ditargetkan oleh cosplay menunjukkan rambut mereka, anak-anak perempuan Muslim yang saleh mulai memakai hijab sebagai alat cosplay untuk mengamati sila agama islam. Secara khusus, dengan merancang desain hijab melilit kepala, ia mengekspresikan gaya rambut karakter tersebut.


Perubahan kebudayaan Muslim tersebar tidak hanya dalam mode tetapi juga di bidang makanan. Ada bunga yang tinggi dalam makanan halal di Indonesia, sehingga banyak perusahaan makanan halal masuk ke Indonesia dari luar negeri, aliran ini makanan halal memiliki dampak pada negara-negara di luar negeri bukan negara Islam.

Oleh karena perkembangan ekonomi Indonesia, jumlah muslim Indonesia yang bepergian ke luar negeri juga meningkat, dan sebagai tanggapan terhadap permintaan, memproduksi dan menjual makanan halal menjadi tren di Jepang. Sementara itu, oleh karena kekurangan pengetahuan orang Jepang tentang makanan halal dan agama Islam, ada kesalahpahaman pada makanan halal juga banyak, dan menjadi merupakan masalah untuk masa depan.


Selanjutnya, ketika umat Islam maju ke ruang angkasa, muncul masalah baru. Pada tahun 2007, Orang Malaysia Muslim namanya Sheikh Muszaphar Shukor pergi ke luar angkasa sebagai astronot, Namun, karena situasi ruang adalah ruang yang unik, sulit untuk melaksanakan puasa dan pemujaan, dan itu adalah masalah yang sangat sulit bagi umat Islam.


Dengan demikian, situasi agama islam Indonesia terakhir tampaknya kembali ke aliran fundamentalis. Sementara itu, karena kasus terorisme yang terus meningkat di Indonesia sperti Negara Islam Irak dan Syria (NIIS atau ISIL), pemikiran dan gaya hidup umat Islam sebagai Muslim tampaknya menjadi diversifikasi. Agama islam di Indonesia saat ini telah mengubah penampilan mereka sebagai tanggapan terhadap perkembangan dan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia, tetapi bentuk budaya fundamental Islam tidak berubah dan akan tetap tidak berubah masa depan.

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日本語訳:インドネシアのイスラーム教の状況の変化について

インドネシアは世界でも有数のイスラム教国の一つで、国民の大多数がイスラム教を信じている。一方で、その信仰の状況は今と昔で変化しつつある。かつて2000年代に映画「AADC」(ビューティフル・デイズ)が流行した時代と現在では、宗教面におけるライフスタイルにはいくつかの違いが見られる。

例えば、その一つにファッションがある。かつてはムスリム女性でも西洋風の露出の高い服装をしているのが普通で、ヒジャブをつける女性は稀であったが、現在では露出の高い服装をするムスリム女性は少なくなり、逆に大半のムスリム女性がヒジャブをいつでもどこでもつけるようになった。ヒジャブ・ファッションを創始したデザイナーの成功は、ムスリムファッションの流行に大きな影響を与えた。

また、このようなファッションの変化は、コスプレといった趣味の領域にも影響を与えている。コスプレとはアニメやマンガのキャラクターの服装や髪型になり、そのキャラクターを演じることで、インドネシアでは人気の高い日本の作品のコスプレが流行している。コスプレの対象のキャラクターは大抵が髪を見せているので、インドネシアの敬虔なムスリムの少女たちは戒律を守るためにヒジャブを使ってコスプレをするようになった。具体的には、頭の上に巻いたヒジャブのデザインを工夫することで、キャラクターの髪型を表現している。

ムスリム文化の変化はファッションだけではなく、食の分野にも広がっている。インドネシアではハラルフードに関心が高く、味の素事件のように海外からインドネシアに進出する企業もハラルフードに対応するようになったが、このハラルフードの流れはイスラム教国ではない海外の国々にも影響を与えている。インドネシアでは経済発展が進み、海外旅行をするムスリムも増えたが、その需要を受けて日本でもハラルフードを国内で製造・販売する流れになってきた。一方で、基本的に日本人はハラルフードやイスラム教に対する知識が少ないため、ハラルフードに対する誤解も多く今後の課題となっている。

さらに、ムスリムが宇宙に進出したことで新たな問題が生じた。2007年にマレーシア人のムスリム、シェイク・ムザファ・シュコアが宇宙飛行士として宇宙に行ったが、そこでもハラルフードが準備された。しかし、宇宙空間は特異な空間であるために、断食や礼拝の遂行に困難を要し、ムスリムにとって非常に難しい問題となっている。

このように全体としては近年のインドネシアのイスラム教は原理主義的な流れに回帰しつつあるように見える。一方で、イスラム国(IS)の影響でインドネシアでも増え続けるテロのように、イスラム教の考え方やムスリムとしてのライフスタイルは多様化しているようにも見える。現在のインドネシアのイスラム教は、インドネシアの発展とライフスタイルの変化に対応してその姿を変えているが、イスラム教の根本的な文化の形は変わっておらず、これからも変わらないだろう。

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